Barang Di Hotel Yang Penuh Kuman

Sebelum menginap di hotel, Anda mungkin ingin memertimbangkan untuk membawa hand-sanitizer. Sebuah riset baru menunjukkan bahwa banyak tempat di hotel yang menjadi tempat hidup kuman.

Sebuah studi mengenai level kontaminasi hotel oleh University of Houston menemukan bahwa barang-barang di kamar hotel harus diwaspadai oleh wisatawan karena mengandung banyak kuman. Barang-barang tersebut, adalah remote control televisi dan saklar lampu kamar. Sementara, peralatan lainnya, adalah wastafel dan dudukan toilet.

Level kontaminasi tertinggi juga ditemukan pada barang-barang yang digunakan staf hotel untuk membersihkan setiap kamar di hotel tersebut, seperti spons, sapu, dan alat pel. Apabila terkontaminasi, maka alat-alat ini dapat menyebarkan kuman antarkamar di hotel dan membuat hotel tersebut semakin kotor.

Para periset mendapat hasil ini dengan mengambil contoh dari 18 barang di setiap kamar hotel, dan menguji total tingkat bakteri dalam setiap barang. Studi ini dilakukan dengan mengambil sampel di sembilan kamar hotel, masing-masing tiga kamar hotel di Texas, Indiana, dan Carolina Selatan.

Studi tersebut juga menemukan barang-barang yang bersih di kamar hotel, seperti bagian atas tempat tidur, rel tirai, dan gagang pintu kamar mandi. Adanya barang-barang terkontaminasi bakteri di kamar hotel sebenarnya tidak berbahaya, namun dapat menjadi berisiko bagi kesehatan penghuni kamar yang sistem kekebalan tubuhnya lemah.

"Dengan mengidentifikasi barang-barang mana yang paling berisiko tinggi terkontaminasi, ini tentu dapat memberikan informasi bagi manajer hotel dan stafnya untuk membersihkan secara ekstra barang-barang tadi," kata Katie Kirsch, peneliti University of Houston, seperti dikutip dari SMH, Rabu (20/6/2012).

0 komentar:

Posting Komentar