Cara Tepat Ajari Anak Berjiwa Empati

Mengajarkan anak memiliki jiwa berbagi dan memiliki kasih sayang merupakan tantangan tersendiri bagi orangtua. Jika Anda kesulitan menanamkannya, inilah contekannya.

Memiliki anak, artinya Anda sebagai orangtua dihadapkan pada sederet tugas berat untuk membangun konsep dalam dirinya. Tidak saja dalam hal pembangunan karakter dan mental, tapi juga sikap positif, seperti jiwa kasih sayang, berjiwa social, dan berempati dalam hal kebaikan. Mungkin pekerjaan ini memang bukan perkara mudah. Namun, cara-cara berikut ini dapat memudahkan Anda mewujudkan konsep tersebut pada buah hati, seperti dilansir Getfrank.

Ajari untuk mencintai hewan

Belajar mencintai hewan dan memberikan perhatian, serta perawatan dapat menjadi cara efektif bagi anak dalam menanamkan rasa kasih sayang terhadap makhluk hidup. Jika Anda tidak memiliki ruang yang cukup untuk memelihara hewan peliharaan, ajak anak Anda menjadi relawan memelihara binatang di tempat lain. Cara ini pun dapat mengajarkan mereka nilai-nilai kasih sayang.

Berbagi dengan anak kurang mampu

Ada banyak yayasan sosial yang memungkinkan Anda berbagi donasi dengan mereka. Kebanyakan dari yayasan akan mengirimkan foto-foto anak kurang mampu tersebut dan hal ini dapat membantu anak-anak Anda untuk memahami realita di masyarakat bahwa saat ini banyak anak-anak yang kurang mampu.

Mengunjungi anak-anak di rumah sakit
Mengajak anak-anak mendatangi rumah sakit atau rumah perawatan yang dihuni anak-anak yang menderita penyakit tertentu dapat memberikan pelajaran berharga bagi anak Anda untuk mengasihi dan membantu antar sesama. Membantu anak-anak yang memiliki penyakit tertentu dapat memupuk mereka untuk lebih empati dalam berbagi kasih sayang terhadap anak-anak yang kurang beruntung.

Menulis daftar syukur

Salah satu cara terbaik membantu anak-anak merasa empati terhadap anak-anak yang kurang beruntung ialah membuat mereka memahami harus banyak bersyukur atas nikmat yang telah diberikan selama ini. Cara terbaik untuk merasakannya, yakni menulis daftar hal-hal yang patut disyukuri dari berbagai sisi. Hal ini memungkinkan anak-anak untuk memiliki rasa empati terhadap lingkungan sekitarnya.

Mendongeng

Buku menjadi media efektif untuk menyentuh perasaan anak-anak. Dengan menceritakan sebuah buku bercerita, dapat menjadi cara efektif bagi anak-anak untuk memahami dan menerapkan tindakan positif dalam kehidupan mereka. Buku bercerita yang mengandung unsur kasih sayang, memberi, simpati, dan empati bisa menjadi cara untuk memperkenalkan anak-anak Anda nilai-nilai positif tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar