Waspada Jajanan Mengandung Boraks

Yang perlu Anda tahu, meski sudah dibekali makanan ke sekolah bukan berarti anak Anda bisa terbebas dari jajanan sembarangan. Bisa saja, ketika melihat teman-temannya yang jajan, si kecil juga akan mengikuti kebiasaan buruk ini. 

Saat buah hati berada sekolah, tentu Anda tidak bisa mengawasi mereka. Jadi, ada baiknya Anda memperkenalkan padanya tentang zat berbahaya yang terkandung dalam jajanan, seperti bakso, mi, dan lainnya. 

Salah satu yang bisa dikenali dari bentuknya adalah makanan yang mengandung borak. Borak adalah bahan solder, bahan pembersih, pengawet kayu, antiseptik kayu, dan pengontrol kecoak. Sinonimnya natrium biborat, natrium piroborat, natrium tetraborat. Sifatnya berwarna putih dan sedikit larut dalam air.

Sering mengonsumsi makanan mengandung borak bisa menyebabkan gangguan otak, hati, lemak, dan ginjal. Dalam jumlah banyak, borak menyebabkan demam, anuria (tidak terbentuknya urin), koma, merangsang sistem saraf pusat, menimbulkan depresi, apatis, sianosis, tekanan darah turun, kerusakan ginjal, pingsan, bahkan kematian.

Ciri Makanan Mengandung Boraks
Cukup sulit menentukan apakah suatu makanan mengandung boraks. Hanya lewat uji laboratorium, semua bisa jelas. Namun, penampakan luar tetap memang bisa dicermati karena ada perbedaan yang bisa dijadikan pegangan untuk menentukan suatu makanan aman dari borak atau tidak.

- Lebih kenyal dibanding bakso atau mi tanpa boraks. Meski ditekan cukup keras, akan kembali ke bentuk semula.

- Warnanya tampak lebih putih. Bakso yang aman berwarna abu-abu segar merata di semua bagian, baik di pinggir maupun tengah.

- Bau terasa tidak alami. Ada bau lain yang muncul.

- Bila bakso dilemparkan ke lantai dapat memantul.
Selain formalin dan boraks, beberapa jenis bahan makanan yang diuji BPOM juga mengandung bahan berbahaya seperti pewarna tekstil, kertas, dan cat (Rhodamin B), methanil yellow, amaranth.
Pemakaian ini sangat berbahaya karena bisa memicu kanker serta merusak ginjal dan hati. Parahnya, bahan-bahan ini ditambahkan pada jajanan untuk anak-anak seperti es sirop atau cendol, minuman ringan seperti limun, kue, gorengan, kerupuk, dan saus sambal.

0 komentar:

Posting Komentar